Friday, March 30, 2018

40 Rekomendasi Kuliner di Jogja, Kamu Wajib Coba!

     Selama 4 tahun kuliah kulineran di Jogja, aku punya beberapa rekomendasi kuliner nih! Buat kamu yang lagi pergi liburan atau kamu yang sekarang tinggal di Jogja tapi suka bingung mencari referensi tempat makan boleh dicoba rekomendasi di bawah ini. Untuk harga aku nggak cantumkan pastinya yang jelas jaman aku kuliah sampai akhir 2016 rate harganya masih murah kok.. Kalo naik paling nggak banyak.. dari jajanan, minuman, makanan buat ganjel perut sampai makanan yang bikin kuenyang ada semua. Untuk jam bukanya bisa googling sendiri yah karena di sini aku hanya pengen ngereview singkat aja. Jadi kuliner apa aja yah yang wajib di coba saat ke Jogja, Simak yuk!^^

1.  ASP/Ayam Saos Pedas
       Harga mahasiswa nih guys, wajib kesini karena enaak ayamnya pake saos yang khas banget deh pedesnya! Ada banyak varian menu sih kalo favorit aku yang ayam lada hitam. Alamatnya di Jl. Mosez Gatotkaca C8 C9 Jogja, ada juga di Jl. Kaliurang km.12 Besi, Jogja. Selain ayam ada juga jamur, taichan  menu yang lain semua recommended dan yang lain bisa jadi referensi makanmu ;) instagram: @warung_asp
pict by: makanjogja.com

2. Saoto Bathok Mbah Katro Sambisari
      Soto daging yang disajikan dengan mangkok terbuat dari bathok kelapa ini nggak biasa loh rasanya. Sedeeep seger apalagi ditambah sate telur puyuh dan tempe gorengnya yang khas. Bener-bener memanjakan lidah banget...Harganya pun terjangkau kok.. Makan di sini kita disuguhkan pemandangan sawah-sawah berasa banget di pedesaannya.. Alamatnya tidak jauh dari Candi Sambisari di Jl. Candi Sambisari No. 6, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman.

 Pict by: NusantaraNews

3.  SS Special Sambal
        Warung makan dengan berbagai macam sambel ini udah terkenal dan udah punya cabang dimana-mana apalagi di Jogja di setiap Kecamatan ada kalik yah haha.. gak deng, pokoknya banyak banget cabangnya di luar kota pun ada. Enaknya makan di sini bisa pilih banyak menu sayur, dan berbagai macam lauk ditambah sambelnya yang banyak banget sampe bingung pilih sambel apa. Di Jogja ada cabang di Jl. Colombo dekat UNY, ada di Babarsari di depan Master Piece Karaoke, ada di Jl. Ringroad dan masih banyak lagi.

pict by: teaforbreak.com


4. Lesehan Aldan
       Sama seperti SS, atau bisa dibilang saingannya nih.. meskipun pilihan macem sambelnya ga sebanyak SS tapi ga kalah enak.. Banyak diminati juga nih cabangnya di seluruh penjuru Jogja ada haha. Jadi kalo mau nyari Aldan gak susah-susah.. ada di Jl. Gejayan, di Jl. Babarsari dan masih banyak lagi. Aku paling suka terong dan jamur crispy.. worth it dicoba untuk makan bersama keluarga dan teman-teman.

pict by: makandijogja.com

5. Balebebakaran
      Salah satu favorit aku apalagi nila dan gurameh bakarnya yang saos madu aaa suka sekaliii! Harganya pun termasuk murah dengan rasa seenak itu... Ga melebih-lebihkan emang beneran enak cobain deh! Nggak cuman ikan sih, ada ayam, jamur dan varian menu lainnya yang gak kalah enak. Balebebakaran ini cabangnya banyak ada yang di Jl. Nologaten, ada yang di Jl. Menteri Supeno, Umbulharjo Jogja, tapi aku suka makan di Jl. Gejayan di gang Guru. Recommended.

pict by: Tribunnews.com

6. Milk n Cheese
       Enak banget kejunya sangat amat berasa.. harganya standar cafe tapi porsinya bikin kenyang. Kalo lagi ngidam keju-kejuan ke Milk n Cheese deh!Tempatnya nyaman, makanannya enak-enak. Harganya sebanding kok sama rasanya. Menu favoritku Mac n Cheese sama kentang goreng yang gedhe banget maunya nyemil eh malah kenyang. Alamatnya di Jl. Ringroad Utara tepatnya di Rumah Warna.. tempatnya lucu banget buat foto-foto juga instagramable hehe.

pict by: TripAdvisor

7. Tora-tora Japanese Food
       Warung kaki lima khas Jepang makananya juaraak!! Harganya menurut aku ga mahal karna porsinya lumayan bikin kenyang banget. Ga kalah sama restoran Jepang sebelah hehe.. Favorit aku Beef Yakiniku, saladnya ya lumayan enak juga kok.. Lokasinya banyak sih ada di Babarsari, depan Sambel Layah terus ada juga di Jl. Gejayan deket BCA, sama di Jl. Kaliurang deket GSP juga ada. Recommended buat pecinta Japannese food!

pict by: kulinerberjalan.com

8. Penyetan Mb Tsani
     Penyetan yang enaknya pas terus lengkap, dan yang paling penting murah meriaah sekaliii ya Penyetan Mbak Tsabi. Lauknya macem-macem sambelnya nagiih pokoknya! Punya beberapa cabang ada yang di daerah deket Ling-Lung, daaerah Kledokan kalau nggak salah, di Jl. Perumnas Seturan juga ada.. Very very recomended juga!


 pict by: jogjafood


9.  Mie Jakata Pak Dhono
         Letaknya di ujung Jl. Sagan di pojok banget deket lampu merah Pom Bensin. Warung di pinggir jalan pakai Tenda, Mie Jakarta Pak Dhono ini menyediakan menu kayak nasi goreng, capcay, koloke, ca sawi pokoknya semacam Chineese food harganya sebanding sama porsinya kok. Favoritnya mahasiswa nih.. Buka kalau malem aja.

pict by: foursquare.com


10. Nasi Kuning Lontong Opor Yellow
           Cabangnya ada yang di Jl. Selokan mataram, di Babarsari juga ada.. menunya ada nasi kuning dengan berbagai lauk seperti ayam, telor, ati ampela.. Lontong opornya juga recommended aja ayam numbu kuning, ayam merah dan masih banyak lagi. Cocok buat sarapan pagi, biasanya sampai siang aja udah habis.

pict by: foody.id

11. Tempoe Gelato
          Es cream gelato yang satu ini unik banget rasanya ada rasa jahe, rasa kemangi, buah naga, dan buah-buah lainnya. Ada juga sih rasa coklat dan sebagainya... Recommended tempatnya asik! Cocok buat jalan bareng gebetanmu wkwk atau sekedar kumpul-kumpul cantik. Tempatnya ada yang di Jl. Prawirotaman, dan ada juga di Jl. Kaliurang. Harganya juga worth it kok nggak terlalu menukik harganya hehe.. dessert favorit deh!

 
pict by: The Daily Thought

12. Sop Ayam Pak Min
          Sop Ayam Pak Min dari Klaten ini salah satu favorit aku.. seger, nikmat, ayamnya kampung asli banyak kita juga bisa milih dagingnya.. Ada paha, dada, ati ampela, kulit, sampe brutu alias pantat ayam heheee.. Cocok buat kamu yang lagi pengen nyari makanan berkuah.. ditambah sambelnya + tempe gorengnya jadi makin maknyuus! Cabangnya banyak kok di Jl. Sagan, Jl. Colombo, Seturan, dan masih banyak lagi.

pict by: Bon Voyage Jogja

13. Surabi Kang Sena
            Buat yang pengen jajan tapi gamau yang berat-berat bisa nyobain jajanan Surabi Kang Sena ini.. Tersedia banyak topping dari coklat, keju, kacang, sampai topping rasa durian juga ada. Harganya pun terjangkau. Bisa kamu temukan di Jl. Gejayan warungnya berbentuk tenda di pinggir jalan. Ajak temen-teman ramean biar lebih asyik.

pict by: foody.id

14. Gudeg Gejayan
          Kulineran Gudeg emang banyak di Jogja tapi di Jl. Gejayan harganya gak semahal di Wijilan hehe cocok dong buat anak kosan nih. Bisa di coba karena di Jl. Gejayan kalau malem banyak yang jualan Gudeg di pinggir jalan.. Kamu bisa milih lauknya sesuai keinginanmu.

pict by: infomakan.com

15. Iwak kali Pak Suko
         Sambel belut yang rasanya endeeuss ditambah kriukya wader goreng dimakan sama nasi anget waa nikmat banget. Apalagi suasananya di pinggir sawah.. makin menambah selera makan. Kamu bisa cobain iwak kali Pak Suko yang terletak di Sampangan, Baturetno dekat Jl. Wonosari Jogja. Untuk harga tidak terlalu mahal kok.. Meskipun letaknya masuk di gang dan pinggir sawah, jangan kaget kalau yang makan di sana kebanyakan bermobil karena emang nikmat banget sajian warung yang satu ini.

pict by: info seni Jogja

16. Martabak Kumkum
          Martabak kumkum menyediakan menu martabak dengan varian kekinian dari martabak telor dengan topping mozarella, hingga martabak manis dengan berbagai topping yang lezat. Tempat ini selalu rame dikunjungi para anak muda... Pas banget buat kumpul bareng temen-temen rame-rame makan martabak. Terletak di Jl. Sagan untuk harganya standar kok, sesuai sama jenis topping yang diinginkan.

pict by: Gragas Yuk

17. Penyetan Maskobis
            Penyetan yang satu ini emang legend banget hehe.. selalu rame di semua cabang. Dari cabang yang dekat UNY, dekat UIN, ada juga yang di Seturan.... Sambelnya khas banget puedeesnya muantep! Terong goreng dan telornya juga enaak.. Favoritnya mahasiswa Jogja nih!

pict by: TribunNews

18. Bebek Goreng Rempah Pak Roso
           Bebek goreng yang terkenal dengan rempahnya yang enak dan gurih, ditambah kobis goreng favotir para pembeli di sini. Bumbunya meresap hingga ke dalam... Sambelnya juga enak. Lokasinya di Babarsari, rame dikunjungi mahasiswa juga nih.. Pecinta bebek goreng bisa kalik nyobain ke sini.


pict by: nyobamakanan.blogspot.com
19. Bebek Cak Koting
           Bebek Cak Koting yang terletak di sebelum fly over Lempuyangan ini rame dikunjungi.. Rasanya enak, empuk daging bebeknya. Sayang harganya termasuk mahal.. Tapi worth it buat kamu yang ngidam bebek goreng.. Tekturnya lembut, bisa jadi salah satu referensi kulinermu bersama keluarga.

pict by: kanaljogja.id

20. Tahu campur cak Muji
           Buat kamu orang Jawa Timur, yang rindu masakan Jawa Timur.. Bisa dateng lansgung nyobain Tahu Campur Cak Muji ini... Bikin rindumu terobati #ceilah. Terletak di Jl. Kusumanegara, warung makan ini tidak pernah sepi pengunjung. Harganya jelas standar dan dijamin kenyang.

 pict by: deskgram.org

21. Soto Sulung Lejar sarjito
           Terletak di sebelah Rumah Sakit Sardjito, dekat UGM Soto Sulung Lejar ini enak juga loh apalagi buat sarapan... Harganya yah standarlah, kalau makan di sini suka ketemu dokter-dokter muda hehe.. Boleh dicobain nih karena menurutku lumayan enak dan seger sotonya.

pict by: Daily food id


22.  Ayam Geprek Bu Made
             Di Jogja banyak banget warung yang jual ayam geprek... tapi menurutku yang paling enak ya Ayam Geprek Bu Made tenda biru yang terletak di Papringan atau daerah belakang kampus Sanata Dharma Mrican. Ayamnya yang sudah dikasih tepung kriuk dan rasanya enak banget ditambah kuah tongseng bikin makin nikmat.. Cocok buat makan siang.. Selalu rame dikunjungi. Harganya standar kok ga mahal.Recommended pokoknya!
pict by: foursquare

23.  Sushi Story
            Sushi yang enaaak yang murah ya cuman di Sushi Story... cabangnya ada di Jl. Gejayan, di Lippo Plaza juga ada. Pokoknya menurutku ini recommended karena dengan harga sangat terjangkau bisa nyobain sushi seenak itu. Gak bakal nyesel deh nyobain enaknya Sushi Story.

pict by: foody.id

24.  Zupparella
        Pas lagi dingin, hujan-hujan sup zuppa emang paling cocok nemenin kita. Zupparella menyediakan berbagai menu zuppa sup dengan beragam topping. Rasanya sangat enak harganya juga ga mahal banget kok soalnya zuppanya enak.. Menurutku ini zuppa terenak yang pernah kucoba.. Very recommended. Letaknya ga jauh dari Gejayan, daerah belakang movie box sebelahnya il mondo pizza.
pict by: chochorochet.blogspot.com

25. Bow-Ling Fruit Bar
            Sup buah yang segerr banget, menunya macem-macem terletak di Jl. Gejayan dan Jl. Seturan tempatnya nyaman buat sekedar kumpul bareng temen sambil ngobrol ditemani sup buah. Ramai dikunjungi mahasiswa juga, harganya ya ga terlalu mahal kok.. Bow-Ling bisa jadi tempat ngesup buah bareng sahabatmu.


pict by: Tribunnews

26. Loempia Boom
          Makan siang sama Lumpia raksasa isi daging ayam dan sayur bisa jadi referensimu. di Loempia boom menyediakan lumpia dengan berbagai isi mulai dari ayam, jamur, sosis dan masih banyak lagi. Lokasinya di daerah Jl. Pandega daerah belakang UGM pokoknya. Dulu di Klebengan ada tapi sekarang kurang tau hehe. Zupper mendoannya juga enak. Harganya bervariasi kok tergantung isi lumpianya.


pict by: ndrealexandra.wordpress.com

27. Nikkou Ramen
          Ramen terenak, ternikmat, termurah karena porsinya banyaak banget hehe.. very recommended Nikkou Ramen ini.. terletak di Jl. Am Sangaji.. buat kamu yang lagi pengen makan ramen wajib wajib banget makan di sini heheh... 

pict by: ritacerita.blogspot.com

28. Olive Fried Chicken 
           Ini dia ayam legendaris favoritnya mahasiswa Jogja.. KFC KW super heheh.. Ayam Olive enak dan murah.. Pasti kenyang, tanpa kantong jebol. Cabangnya udah banyak di seluruh penjuru Jogja pasti ada Olive Fried Chicken ini. 

pict by:  akhalisa.wordpress.com

29. Pempek Nyonya Kamto
          Pempek Nyonya Kamto selain memiliki cabang di Ambarukmo Plaza atau Amplaz juga ada di Jl. Gejayan.. Menurutku ini pempek terenak di Jogja hehe.. Harganya gak mahal-mahal banget kok.. Ikannya berasa. Kalau lagi pengen pempek coba makan di sini deh.

pict by: bonvoyagejogja

30. Esbangjoe
            Milk shake yang ada di seluruh penjuru Jogja, Es Bang Joe ini solusi banget buat yang lagi pengen es pas lagi panas-panasnya. Toppingnya banyak, worth itlah sama harganya. Di setuap warungnya nge-play lagu beda beda genre. misal cabang yang satu genrenya pop l gerai yang lain lagunya reggae. Unik pokoknya, sama kayak rasanya juga unik dan enaak!

 pict by: kulinerpojok.blogspot.com

32. Nasi Goreng Sapi Padmanaba 
           Nasi goreng yang rame bangeeeet di depan SMA 3 Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan Padmanaba. Nasi goreng dengan daging sapi dan telor ayam di atasnya ini diminati banyak orang. Meskipun rame, tapi pelayanannya cepet kok. Ada porsi jumbo harganya cuma beda dikit dari yg porsi biasa
.
pict by: masclink.blogspot.com

33. Pizzalicious
            Akhirnya nemu pizza yang enak dengan harga yang murah yaitu di Pizzalicious! Masih belum lama sih bukanya, pas aku lulus kuliah baru ada dan aku udah kesana beberapa kalo hehe. Ada es krim gelato juga, pizzanya enaak! Selain itu tempatnya instagramable juga di sini.

 pict by: foody.id

34. Cilok Gajahan
           Jajanan yang kalo sore di alun-alun kidul Jogja selalu antri buanyaak sampe di kerumunin banyak orang nih. Pokoknya rela antri demi cilok gajahan satu ini. Bapak penjualnya cepet kok ngejualinnya, biasa beli 5000 dapet buanyaak. Ada juga cabang di Jl. Kaliurang yang antrinya gak serame di Alkid.

 pict by: travel kompas

35. Kedai Darling
           Kedai Darling dulunya kita temui di FoodTruck doang, sekarang udah buka gerai di depan Galleria Mall.. Di sebelah Plate- O. Menunya semuanya enak. Ada viona, ayam yang dibumbui jadi enaaak banget rasanya jadi kayak bebek. Ada juga Suki, dan amsih banyak menunya. Semuanya enak!

pict by: GudegNet

36. Dirty Chicken
          Dirty chicken ini enaak gak kalah sama Olive... lebih crispy dan enaak juga Letaknya di Seturan ada 2 cabang sih, selalu rame dikunjungi para mahasiswa apalagi pas makan siang. Meskipun logonya sempet viral tapi yang penting ayamnya enak dan worth iy buat dijadikan referensi kulinermu.

pict by: amarsyahreza.blogspot.com

37. Sogul
           Ini dia favorit akuu banget namanya Sogul alias Soto Gule. Tapi.. yang favorit di sini menu yang namanya Balungan. Meskipun tulang dagingnya gabanyak tapi ini enak banget bumbunya meresap sampe ke dalem bikin ketagihan. Terkenal dengan pedesnya.. kamu bisa pesen level sepedes apapun di sini! Selain di Jl. Simanjuntak juga ada di kL. Tantular dekat selokan mataram.

pict by: jogjasorot.co

38. Mie Ayam Goreng Sayegan
           Mie ayam tanpa kuah! Iya ini mie ayam goreng dan selalu ramai dikunjungi sampai-sampai kalo kesiangan bakal kehabisan kita. Letaknya di daerah Sayegan ada 2 cabang. Enaak kok buat yang penasaran ayoo cobain mie ayam goreng satu ini!

pict by: unycommunity 


39.  Haniki Crispy Banana
            Pisang kripsi favorit banget yaitu Haniki, ini pisang krispi pertama dengan topping macem-macem dan ngasih toppingnya itu lho gak pelit! Suka aku kirimin ke temen-temen karena semua pasti suka. Cocok buat nyemil sambil ngerjain tugas. Selain di Jl. Seturan ada juga yang di Jl. Colombo. Selalu antri kalo beli di sini tapi demi Haniki rela deh hehe.

pict by: hanikifood

40. Kalimilk
        Buat kamu yang suka banget minum susu wajib ke Kalimilk karena ada banyak pilihan susu sapi mulai rasa coklat, caramel, durian, dan masih banyak lagi. Tempetnya juga asyik buat ngobrol bareng temen-temen. Favorit dari jaman SMA nih... Untuk harganya standar cafe.. Jangan lupa mampir ke Kalimilk kalo lagi pengen nyusu. Ditambah roti bakar coklat keju atau risolers lebih endeeus.
 pict by: jogjabenertransport.com

Nah itu dia rekomendasi dari aku.. Sebenernya masih banyak list kulinernya tapi karena keterbatasan waktu jadi itu dulu yaa.. Semoga postingan ini bermanfaat semoga bisa nambah referensi kuliner kalian, selamat berkuliner ria di Jogja! :D xoxo

No comments:

Post a Comment