Wednesday, February 28, 2018

Review Transferwise, Transfer Uang Antar Negara Mudah, Murah, Cepat dan Aman

    Buat kamu yang tinggal di luar negeri dan ingin mengirimkan uang untuk saudara, keluarga, temanke Indonesia, atau lagi bingung karena ada temen di luar negeri yang nitip belanja barang di Indonesia. Nah, kini telah ada solusi paling tepat yang bisa memudahkan kita untuk transfer uang antar negara terutama ke Indonesia yaitu dengan Transferwise.


   Transferwise ini mulai dirilis sejak Januari 2011 oleh Kristo Kaarmann dan Taavet Hinrikus. Taavet merupakan pegawai pertama Skype dan Kristo ialah seorang konsultan keuangan yang bekerja di UK. Mereka berdua menciptakan solusi tepat buat kita dalam mengirimkan yang antar negara dengan mudah, murah, cepat, dan aman.
    Mekanisme kerja dari transferwise berbeda dengan transfer uang dibank pada umumnya. Sistem transfernya lebih mirip dengan jual beli mata uang. Uang yang dikirimkan tidak akan langsung terkirim ke rekening yang dituju. Ada pihak yang memiliki rekening dalam mata uang tersebut yang kemudian akan mengirimkan sejumlah uang dengan mata uang yang sama untuk menghindari konversi valuta asing dan biaya bank atas perbedaan kurs.
Berbeda dengan metode pengiriman uang yang lain, TransferWise mempunyai kelebihan-kelebihan berikut.
    Kita bisa langsung transfer uang dari Euro ke Rupiah ke rekening bank Indonesia secara langsung. Misalkan, saya mau mengirim uang 500 EUR ke rekening BCA saya di Indonesia, saya tinggal memasukkan nomor rekening saya di formulir transfernya. Bank Indonesia yang didukung meliputi BCA, BNI, Mandiri, CIMB Niaga, dan masih banyak yang lain.

     Biaya transfer yang relatif lebih murah.
Kurs konversi yang sesuai dengan harga pasar. Tinggal search saja di google dengan kata kunci: “1 EUR to IDR”. Harga konversi yang kamu lihat di Google yang akan dipakai untuk menghitung konversi kurs di transferwise, setidaknya perbedaannya jauh-jauh lebih kecil dibandingkan dengan di bank konvensional atau Paypal.
Biaya transfer cepat. Pengalaman saya kirim uang pas hari minggu, uangnya sudah sampai di rekening Indonesia saya hari rabu.
Transfer Uang Serba online. Yang pasti semua transaksi dengan gampang dilakukan tanpa harus ke kantor-kantor yang cuma buka pas hari kerja saja.
Sebelum bisa mengirim uang ke Indonesia, kita harus membuat akun (istilahnya Borderless account) dulu di transferwise. Borderless account ini harus diverifikasi terlebih dahulu dengan mengirimkan scan pasport kamu dan bank statement kamu. Proses ini membutuhkan beberapa hari kerja. ketika ingin mentransfer, kamu harus mengirimkan uang yang ingin kamu transfer ke borderless account, selanjutnya uang tersebut akan ditransfer ke rekening di Indonesia. Bagi yang tinggal di Belanda, kamu bisa mengirimkan uang kamu dari rekening bank di Belanda menggunakan iDEAL. Prosesnya langsung dan gratis.
     Sejauh ini saya sangat puas dengan servis yang ditawarkan transferwise. Prosesnya jauh lebih murah, mudah, dan cepat. Tetapi ada satu saran, kalau kamu ingin mengirimkan uang dalam jumlah besar, misalkan puluhan ribu euro atau US Dollar, mungkin lebih murah kalau mengirimkan uang lewat bank biasa karena biaya transfernya tetap (sehingga relatif lebih murah dibandingkan dengan jumlah uang yang akan dikirim). Yang pasti ini bergantung dengan kebijakan bank, jadi silahkan konsultasi dulu dengan bank nya dan bandingkan dengan transfer fee yang dikenakan oleh transferwise.
   Keuntungan dari transferwise sendiri didapat dari komisi yang diiperoleh dari pengirim uang. Pengirim uang nantinya akan dikenakan sejumlah biaya untuk layanan ini. Para pendirinya bahkan menyatakan transferwise lebih menguntungkan 90% ketimbang memakai jasa bank. Wow sangat memudahkan.
Dan ternyata biaya yang harus Anda bayarkan juga lebih rendah dibandingkan dengan fasilitas pembayaran yang lain. Kemudian nilai mata pasar termasuk menengah sehingga tidak akan merugikan Anda dan klien. Intinya TransferWise hanya akan mengambil dana sekitar 1 persen untuk setiap total nilai transaksi. Jadi ini memang termasuk biaya yang sangat rendah dibandingkan dengan fasilitas lain.
    Kemudian TransferWise juga hanya menggunakan nilai tukar pasar yang menengah. Semua ini sangat penting untuk menghindari jarak konversi yang sangat besar sehingga Anda tidak akan merasa rugi. Konsumen Anda tetap akan membayar dengan harga yang normal sementara Anda menerima jumlah uang seperti yang disebutkan. Lalu uang yang ditransfer akan langsung disimpan pada rekening penerima dan bisa digunakan untuk mengirimkan dana kembali. Jadi ini sangat baik jika Anda juga menggunakan transaksi dengan kartu debit dan kartu kredit.
    Anda bisa melakukan proses pembayaran dengan lebih cepat. Bahkan untuk pembayaran secara internasional maka Anda hanya membutuhkan waktu paling lama 2 sampai 4 hari saja. Lalu ketika Anda ingin mengirim dana maka penerima juga tidak membutuhkan akun. Uang akan masuk secara otomatis ke dalam rekening yang sudah didaftarkan dan langsung bisa dicairkan.

    Kita banding-bandingkan vendor mana yang murah biaya kirimnya, kurs-nya bagus dan ga ribet.
Namun ada juga kelemahan dari layanan transferwise ini, yaitu tidak semua negara bisa mengirimkan uang termasuk Indonesia masih belum dapat.kita tidak bisa mengirim uang IDR ke Euro. Jadi kalau mengirim uang dari rupiah ke euro harus menggunakan cara konvensional melalui bank.

  Untuk menggunakan layanan transferwise nggak rumit kok.
CARA TRANSFER:
Masuk ke website transferwise: klik disini.
Di halaman awal, pilih Sign Up dulu untuk bikin akun atau Log In kalau memang sudah pernah daftar.
Setelah Log In, Di bagian Transfers, pilih Send Money.
Masukkan nilai uang yang mau dikirimmata uang pengirim, dan mata uang penerimaaaaaa. Misalkan €1000 dikirim ke rupiah. Nanti akan ada penjabaran biaya transfer dan jumlah rupiah yang akan diterima. Pilih Continue.
Masukkan informasi pengirim. Kalau kita pernah isi informasi detail di profile TransferWise, kita ga disuruh isi informasi ini lagi.
Pilih tujuan transfer. Kalau dikirim ke orang lain,pilih Someone Else. Lalu masukkan detail penerima seperti nama, email, dan informasi tabungan penerima.
Ketika masuk review transfer, silahkan isi dengan tujuan transfer. Kalau mau dikosongkan juga ga papa. Lalu pilih Confirm.
Pilih mau dibayar dengan cara apa. Debit Card, Credit Card, atau Bank Transfer. Lalu tinggal masukkan detail kartu debit atau kartu kredit. Jika menggunakan bank transfer, pengirim mentransfer uang ke rekening TransferWise dengan detail rekening yang diberikan oleh TransferWise.
Negara-negara yang disupport transfer wise bisa dilihat di sini.
   Kalau mau kirim uang lebih dari €1.000, pengirim harus melakukan verifikasi akun dengan meng-upload kartu identitas yang di dalamnya ada namadan tanggal lahir seperti KTP, Paspor atau SIM. Sedangkan kalau mau kirim uang lebih dari €15.000, pengirim harus verifikasi menggunakan dokumen yang menunjukkan kesesuaian alamat tinggal seperti dokumen rekening listrik, rekening koran, dll.

No comments:

Post a Comment