Friday, December 29, 2017

30 Resep DIY Masker Alami Wajah dan Manfaatnya

 Perawatan wajah tak selalu harus mengeluarkan biaya yang mahal, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami. Nah kali ini aku mau berbagi tentang 30 resep DIY masker alami untuk wajah kita yang pastinya punya banyak manfaat baik. DIY atau Do It Yourself ini berarti kita bikin sendiri. Enggak terlalu ribet kok untuk bikin masker alami ini. Sebelumnya mau curhat dulu boleh yah *boleh plis* karena aku bukan beauty blogger, I just post what I want on my personal blog.. jadi ini sekedar stories aja dari aku yah.. Banyak diantara kita yang punya masalah sama wajah dari muka kering, kusam, berminyak, komedo, sampai jerawat.
Kebetulan wajah aku tu suka jerawatan. As always muncul bahkan setiap bulan walaupun cuman 1-2 entah pas lagi mau dapet atau pun enggak tetepan wajahku jerawatan.
   Aku pernah baca dimana gitu lupa, sama pernah juga ikutan beauty class dari salah satu brand skincare katanya wajah yang suka jerawatan itu malah bagus, sehat dan berarti normal. So kamu nggak perlu khawatir. Kecuali kalau jerawatannya parah banget beuh ini baru deh yang harus dibasmi karena pasti bikin bete dan nggak pede. Alhamdulillah sih sejauh ini aku belum pernah pakai krim-krim wajah bahkan facial aja belom pernah sama sekali *norak ya* haha emang nggak pengen muka jadi rusak pokoknya yang alami-alami ajalah.     (Baca juga: "Percaya Diri Walau Tanpa Skin Care"))   
www.ifairer.com

    Kenapa alami? Alami itu tanpa ada risiko berbahaya dan lebih natural, aman, dan nggak bikin khawatir efek sampingnya gimana-gimana karena nggak ada efek samping yang buruk, yang ada malah menyehatkan kulit wajah kita. Selain itu nggak bikin ketergantungan, meskipun hasilnya harus sabar tapi bakal kelihatan kok manfaat baiknya. So, mari mengurangi atau lebih baik lagi menghindari dari zat-zat kimia berbahaya, kasian wajah kita hehe. Tapi buat yang udah nggak ngerti lagi gimana cara ngatasin masalah wajah dan terpaksa make krim dokter, semoga segera menemukan solusi tepat dan terbaik ya untuk bisa lepas dari krim dokter dan sebagainya yang mungkin sedikit mengkhawatirkan (terutama untuk dompet :'D).
    Oke kelamaan curhat, maafkan aku yah guys wkwk. sekarang inilah 30 resep DIY masker wajah yang bisa kita buat sendiri di rumah dengan mudah, bahkan diitung-itung lebih murah juga lho... Simak yuk!


 www.makeupandbeauty.com

1. Madu dan Gula
    MANFAAT: Untuk kulit wajah yang kering, dapat melembabkan kulit, membuat kulit wajah jadi  sehat dan cerah. Wajah jadi lebih cerahan, pas aku pakai, komedo jadi berkurang, kulit wajah jadi halus banget kayak pantat bayi haha tapi inget ya gula scrubnya rada kasar jadi jangan sering-sering apalagi buat kalian yang punya kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan gula sebagai scrub.
   RESEP: 1 sdm madu (madu yang murni ya bukan yang rasa-rasa), 1 sdm gula diaduk sampai rata terus diaplikasikan di muka secara merata. Nggak perlu digosok-gosok keras takutnya kena kasarnya scrub gula. Nah lalu tunggu sekitar 20-30 menit lalu bilas dengan air dingin. Wajahmu jadi cerah & bersinar.

2. Madu dan Putih Telur
    MANFAAT: Madu emang manfaatnya banyak banget saking banyaknya kalo disebutin pasti sampai pada ketiduran nih :D. Masker ini manfaatnya untuk mengencangkan kulit wajah, menghilangkan jerawat dan komedo, menyegarkan kulit wajah serta menghilangkan flek hitam juga bekas jerawat.
    RESEP: Pisahkan dulu putih telur dari kuningnya. Aduk putih telur sampai berbusa agar lebih encer sehingga gampang dicampur dengan madu. Campurkan dengan 1 sdm madu murni. Aplikasikan ke wajah hingga merata dan setelah 30 menit bilas.

3. Putih Telur+Alpukat
    MANFAAT: Untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, mengencangkan kulit, dan untuk kulit wajah lebih halus. Selain itu dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan bekasnya.
     RESEP: Ambil buah alpukat yang sudah matang, lalu keruk dagingnya. Haluskan daging alpukat sampai benar-benar halus, tambahkan putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya dan campurkan keduanya. Oleskan pada wajah secara merata hingga mengering kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Kopi+Madu
    MANFAAT: Masker ini dapat mencerahkan dan menutrisi kulit wajah, menghilangkan flek-flek hitam, bekas jerawat. Selain itu juga dapat menghaluskan dan melembutkan wajah.
    RESEP: 3 sdm madu murni dicampurkan dengan bubuk kopi hitam secukupnya hingga halus dan seperti pasta (jangan terlalu encer), kemudian oleskan pada wajah secara merata hingga terasa kencang dan mengering lalu bilas.

5. Outmeal+Madu
    MANFAAT: Membersihkan kulit wajah secara menyeluruh, mengencangkan dan melembabkan kulit wajah, mencegah wajah yang kusam, mengurangi jerawat dan juga dapat melawan tanda-tanda penuaan dini.
    RESEP: 2 sdm outmeal dicampurkan dengan 2 sdm madu murni dan 1/2 sdm air hangat, kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

6. Jeruk nipis+Madu 
    MANFAAT: Memutihkan dan mencerahkan wajah, membantu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, menghaluskan dan melembutkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, membersihkan sel-sel kulit mati dan meregenerasi kulit baru.
    RESEP: 1 buah jeruk nipis matang segar diperas dan dicampurkan dengan 2 sdm madu murni hingga rata dan mengental. Lalu aplikasikan secara merata pada wajah hingga beberapa menit dan bilas.

7. Madu+Kunyit
    MANFAAT: Dapat menghilangkan noda-noda hitam dan menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan kulit wajah, mengencangkan, serta melembabkan kulit wajah.
    RESEP: Campurkan bubuk kunyit dengan madu murni kemudian aduk hingga menyerupai pasta, aplikasikan ke wajah secara merata dan diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

8. Madu+Kayu Manis

    MANFAAT: Masker ini efektif menghilangkan jerawat di wajah serta membunuh bakteri penyebab jerawat.
    RESEP: Campurkan bubuk kayu manis dengan 1 sdt madu murni. Untuk kulit wajah yang sensitif sebaiknya jangan terlalu banyak bubuk kayu manisnya, sedikit saja karena dapat menyebabkan iritasi. Aduk keduanya kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

9. Susu+ Bedak Bayi
    MANFAAT: Menghaluskaan dan melembutkan kulit wajah, mengatasi masalah jerawat, mencerahkan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori.
   RESEP:  Susu bear brand dicampurkan dengan bedak bayi, aduk hingga menjadi seperti pasta lalu aplikasikan ke wajah secara merata, diamkan beberapa menit hingga mengering lalu bilas dengan air hingga bersih.

10. Tomat+Madu
    MANFAAT: Mengurangi minyak berlebih, menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, mencerahkan kulit kusam, menghaluskan kulit wajah, menyamarkan noda dan flek hitam, mencegah tanda-tanda penuaan dini.
   RESEP: Buah tomat segar yang telah diblender atau dihaluskan dicampur dengan madu murni. Aduk hingga merata kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit hingga mengering lalu bilas dengan air hingga bersih.

11. Lidah Buaya+ Kunyit
    MANFAAT: Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, meredakan peradangan akibat jerawat.
   RESEP: Campurkan 1 sdm gel lidah buaya  dengan 1 sdt kunyit, aduk hingga menyerupai pasta. Kemudian aplikasikan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

12. Bengkoang
    MANFAAT: Memutihkan kulit wajah, kulit jadi lebih sehat dan segar, mengurangi bintik hitam di wajah, mengencangkan kulit dan mencegah penuaaan dini.
   RESEP: Bengkoang yang sudah dikupas kulitnya dicuci bersih, dipotong jadi dua bagian lalu diparut. Peras parutan dan biarkan air perasan tersebut hingga membentuk endapan putih. Pisahkan air perasan dengan tepung yang mengendap atau berada di dasar. Tepung yang di dasar inilah yang digunakan sebagai masker wajah. Aplikasikan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

13. Putih Telur

    MANFAAT: Menghilangkan komedo, mengencangkan wajah, menghilangkan minyak berlebih di wajah, dan mengecilkan pori-pori kulit wajah.
  RESEP: Cara 1. Putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya  (lebih bagus telur ayam kampung) dioleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit hingga kering dan mengencang lalu bilas dengan air hingga bersih.
Cara 2. Untuk menghilangkan komedo, oleskan putih telur pada hidung atau daerah berkomedo lalu letakkan tissue di atasnya, tunggu hingga kering atau mengeras lalu tarik. Lihat,  komedomu terangkat.
Masker ini tidak dianjurkan bagi yang punya alergi terhadap telur karena dapat menimbulkan iritasi, ruam, gatal, hingga peradangan.


www.topnaturalremedies.net


14. Yogurt
    MANFAAT: Memutihkan kulit wajah, mencegah penuaan dini, menjaga kelembaban kulit, mengangkat sel-sel kuit mati dan mengatasi masalah jerawat.
   RESEP: Siapkan 2 sdm yogurt plain yang tidak mengandung gula seperti merek Biokul atau Yummy diaplikasikan pada wajah hingga merata, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

15. Mentimun
    MANFAAT: Membantu meremajakan kulit wajah, menghilangkan bintik dan flek hitam, menyegarkan dan melembabkan wajah, merawat kulit yang terbakar sinar matahari, mengatasi masalah jerawat dan kulit kering, serta menghilangkan mata panda.
RESEP: Blender mentimun segar yang sudah dikupas dan dicuci hingga halus, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Bisa juga dioleskan pada daerah sekitar mata yang gelap.

16. Coklat
    MANFAAT: Mengandung antioksidan, menyehatan dan menutrisi kulit wajah, mencerahkan wajah, melembutkan dan menghaluskan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati serta dapat melembabkan wajah.
   RESEP: Dark coklat yang telah dicairkan dicampur dengan susu bubuk putih lowfat dan sedikit garam. kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

17. Susu
    MANFAAT: Mencerahkan kulit wajah, menghaluskan dan melembutkan wajah, menyegarkan wajah, mengatasi kulit kering, dan membersikan pori-pori kulit wajah.
   RESEP: Aplikasikan susu steril bear brand pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

18. Kentang
    MANFAAT: Untuk kulit wajah lebih bersih dan lebih cerah, mengatasi masalah jerawat di wajah, mengatasi kulit berminyak, mengencangkan wajah, dan mencegah penuaan dini.
   RESEP: Kupas kentang, iris menjadi beberapa bagian lalu blender atau bisa juga diparut kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

19. Cucian beras
    MANFAAT: Memutihkan dan mencerahkan kulit wajah, melembabkan kulit wajah kering, mengangkat kotoran di wajah, mencegah timbulnya jerawat dan komedo, menyamarkan noda hitam, mengecilkan pori-pori kulit wajah, dan memudarkan garis halus serta kerutan pada wajah.
   RESEP: Air cucian beras didiamkan hingga mengendap, ambil endapan dan buanglah air bagian atas. Kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

20. Tahu

    MANFAAT: Menghaluskan dan mengenyalkan kulit wajah, mencerahkan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori, serta menjaga elastisitas kulit
   RESEP: 1 buah tahu sutra, pilih yang mengandung telur kemudian dihancurkan dan dicampur dengan plain yogurt atau madu lalu oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit dan bilas.

21. Tepung beras
    MANFAAT: Mencerahkan kulit wajah, menghaluskan dan melembabkan kulit wajah, mengatasi kadar minyak berlebih pada wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat, meregenerasi kulit wajah.
   RESEP: 1-2 sdm tepung beras dicampurkan dengan air hangat, aduk hingga mengental menyerupai pasta kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas.

22. Jeruk Nipis

    MANFAAT: Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, mengeluarkan kotoran-kotoran yang menyumbat pori, mengencangkan wajah, mengurangi jerawar dan komedo..
   RESEP: Beberapa butir jeruk nipis segar dicuci terlebih dahulu lalu dibagi menjadi 2 bagian,  kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dengan lembut dan merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

23. Tomat+Timun
    MANFAAT: Menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit, melembutkan kulit wajah,  menghilangkan flek hitam juga noda hitam, mengatasi wajah berminyak, mencerahkan, menyegarkan dan menyehatkan kulit wajah wajah.
   RESEP: Campurkan buah tomat segar yang sudah dijus dengan parutan mentimun, kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

24. Kopi+Susu
    MANFAAT: Mencerahkan kulit wajah, memberi nutrisi pada kulit, menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam pada wajah, melembabkan dan menyehatkan kulit wajah.
   RESEP: 3 sdm bubuk kopi hitam dicampurkan dengan susu steril bear brand, aduk hingga mengental menyerupai pasta, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

25. Lidah Buaya+Madu
    MANFAAT: Merawat kulit wajah berminyak, mengatasi jerawat, meremajakan kulit wajah, menyembuhkan peradangan wajah, menghilangkan noda bekas jerawat dan komedo, mencegah penuaan dan mencerahkan kulit wajah.
   RESEP: Campurkan 2 sdm gel lidah buaya segar dengan madu murni lalu aduk hingga menyerupai pasta, kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit hingga mengering lalu bilas.

26. Kopi+Putih Telur
    MANFAAT: Menghilangkan bekas jerawat, menghaluskan dan melembutkan kulit wajah, menutrisi kulit, mengencangkan wajah dan mengecilkan pori-pori.
   RESEP: 2 sdm bubuk kopi hitam di campur dengan putih telur ayam kampung hingga mengental menyerupai pasta,  kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

27. Charcoal Powder+Madu
    MANFAAT: Activated charcoal atau arang aktif dan madu dapat menghilangkan noda pada wajah, menghilangkan komedo, mengatasi kulit kusam, menutup pori-pori besar, menyembuhkan jerawat, mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit wajah.
   RESEP: 1 sdm charcoal powder dicampurkan dengan 1 sdm madu murni aduk hingga merata dan menyerupai pasta,  kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

28. Tomat+Jeruk Nipis

    MANFAAT: Menghilangkan jerawat, memutihkan dan mencerahkan kulit wajah, mengencangkan kulit wajah, membantu membuka pori-pori kulit wajah dan mengecilkan pori-pori, melembutkan kulit.
   RESEP: 1 buah tomat segar yang sudah dicuci dan dikupas dipotong kecil dicampur dengan perasan air jeruk nipis, tambahkan sedikit gula merah. Campur kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

29. Madu+Susu
    MANFAAT: Mencerahkan kulit wajah, menutrisi kulit wajah, mencegah tanda-tanda penuaan, mengatasi masalah jerawat, menghilangkan bekas luka di wajah, melembutkan dan menghaluskan kulit wajah.
   RESEP: Campurkan 2 sdm susu steril bear brand dengan 1 sdm madu murni, kemudian oleskan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

30. Gelatin+Susu
    MANFAAT: Menghilangkan komedo, mengencangkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, mengatasi masalah jerawat.
   RESEP: Campurkan 1 sdm bubuk gelantin dengan susu steril bear brand atau bisa juga menggunakan susu low fat yang murni, aduk lalu panaskan dalam microwave selama sekitar 10 detik. Keluarkan dan tunggu sampai agak dingin, kemudian oleskan pada hidung yang berkomedo, kening ataupun wajah secara merata, diamkan beberapa menit lalu lepaskan masker secara perlahan dan bilas dengan air hingga bersih.



Tips:
   Sebelum mengaplikasikan masker sebaiknya basuh dulu wajah dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka nah setelah menggunakan masker barulah dibilas dengan air dingin agar pori-pori wajah tertutup kemudian keringkan dengan handuk lembut. Selain itu sebaiknya maskeran maksimal 3x seminggu dan bagusnya sebelum tidur. Nah itulah ke 30 resep DIY masker wajah alami atau organik, sebenarnya masih banyak sekali resep DIY masker alami untuk wajah dengan berbagai bahan natural :) Semoga postingan ini bermanfaat yah, terima kasih udah baca^^.


Source: www.liputan6.com

             www.tipkecantikan.com
             www.manfaat.co
             www.warassehat.com
             www.moeslema.com
             www.vemale.com
             www.maskeralamiku.com

8 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya membantu sekali dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-lifting-glow-serum/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, terima kasih ya sudah berkunjung ;))

      Delete
  3. Kalo tiap hari pakai maskernya boleh ga ya kan alami

    ReplyDelete
  4. Boleh aja kak sebenernya alami ga ada efek samping tapi kalo kata dokter kecantikan disarankan maksimal 3x seminggu hehe ;)

    ReplyDelete
  5. Kak, masker diy kyk gini itubisa di simpen atau sekali pake aja??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung. Kalo misal bikinnya kebanyakan bisa kok dipake sampai 2x disimpan di kulkas.Tapi jangan lama-lama juga nyimpennya ;D

      Delete
  6. seringnya cuman masker sama tomat aja nih

    ReplyDelete