Tuesday, October 17, 2017

Rekomendasi Kuliner Kabupaten Semarang yang Wajib Dicoba

  Udah pernah kan ke Kabupaten Semarang? Kabupaten Semarang adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Ungaran. Nah selain wisatanya yang indah dan menarik untuk dikunjungi, kuliner Kabupaten Semarang juga wajib banget untuk kalian coba. Kuliner di Kabupaten Semarang sangatlah beragam dan tentunya memiliki cita rasa yang lezat, nih diantaranya:

1.    Tahu Baxo
Tahu Baxo ini merupakan kuliner khas Ungaran, Kabupaten Semarang. Banyak sekali outlet penjual Tahu Baxo namun yang paling terkenal adalah Tahu Baxo Bu Pudji. Tahu Baxo Bu Pudji ini memiliki beberapa cabang dan pusatnya berada di Jalan Diponegoro No. 14, Ungaran. Rasanya enak, lezat dan tanpa bahan pengawet, cocok sekali untuk dicicipi semua kalangan. Harga Tahu Baxo ini per porsi Rp37.000 per bungkus untuk yang goreng dan Rp35.000,- per bungkus untuk yang rebus. Satu bungkus tahu baxo ini berisi 10 biji, cukup murah untuk dijadikan oleh-oleh. Nah, jangan lupa mencicipi kuliner Tahu Baxo saat kamu berkunjung ke Kabupaten Semarang.


2.    Tahu Serasi
Kuliner tahu lainnya yang tak kalah lezat adalah Tahu Serasi khas Bandungan, Kabupaten Semarang. Tahu Serasi ini merupakan tahu putih yang padat namun memiliki tekstur yang halus dan lembut. Menyenangkan sekali berada disaat hawa dingin di Bandungan, Lereng Gunung Ungaran sambil mencicipi Tahu Serasi yang enak dan gurih hangat-hangat. Tahu Serasi ini tidak menggunakan bahan pengawet dalam proses pembuatannya,. Oh iya, di Bandungan kalian juga dapat mengunjungi pabrik Tahu Serasi untuk melihat langsung proses pembuatannya. Harga Tahu Serasi khas Bandungan ini hanya Rp9000,- per bungkusnya.


3.    Serabi Ngampin
Serabi Ngampin merupakan salah satu kuliner khas Ambarawa, Kabupaten Semarang. Serabi ini dinamakan Serabi Ngampin karena lokasi berjualannya berada di kanan-kiri sepanjang Jalan Raya Ngampin, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Penyajian Serabi Ngampin ini berbeda dengan serabi lainnya yaitu disajikan dengan kuah gula merah, santan, dan daun pandan. Selain itu, Serabi Ngampin dimasak dengan cara tradisional menggunakan anglo dan cetakan tanah liat. Meskipun tradisional, kuliner yang memiliki aroma yang khas ini wajib kalian coba saat berkunjung ke Ambarawa, Kabupaten Semarang. Untuk mencoba Serabi Ngampin ini kamu cukup membayar Rp5000,- saja per porsi.


4.    Kopi Banaran
Pecinta kopi, kalian wajib mencoba Kopi Banaran di Kampoeng Kopi Banaran yang terletak di Jalan Semarang-Bawen KM 35, Bawen, Kabupaten Semarang. Kopi Banaran ini memiliki  aroma sedap, rasa yang nikmat dengan harga terjangkau. Cita rasa Kopi Banaran yang  dipetik, dipanen dan diolah sendiri oleh PTPN IX (Persero) ini wajib banget kalian coba. Menikmati hangatnya Kopi Banaran di Kabupaten Semarang yang dingin dan sejuk merupakan suasana yang pas sehingga dapat membuat kalian lebih rileks. Harga Kopi Banaran di Kampoeng Kopi Banaran mulai dari Rp10.000,-.


5.     Sate Pak Kempleng
Salah satu kuliner yang terkenal dan legendaris di Ungaran, Kabupaten Semarang adalah Sate Pak Kempleng. Sate sapi dengan potongan daging yang besar-besar ini telah memiliki beberapa cabang. Sate Pak Kempleng ini rasanya manis, bertekstur lembut, dan tidak berlemak karena hanya menggunakan daging khas dalam. Harga satu porsi Sate Pak Kempleng isi 10 tusuk sebesar Rp50.000,-termasuk murah karena satenya besar-besar. Kuliner yang enak, empuk, dan bumbunya meresap ini akan dapat memanjakan lidah kalian saat berkunjung ke Kabupaten Semarang. Gimana? Penasaran kan enaknya Sate Pak Kempleng, jangan lupa mampir untuk mencobanya!


6.     Sate Kelinci Bandungan
Saat kalian berkunjung ke Bandungan, Kabupaten Semarang, jangan lupa untuk mencoba Sate Kelinci. Kuliner yang satu ini mudah ditemukan di sepanjang jalan di Bandungan, Kabupaten Semarang. Sate Kelinci disajikan dengan bumbu kacang dan kecap lalu ditaburi irisan cabe rawit. Kalian juga dapat menyantap sate kelinci dengan didampingi lontong sehingga akan terasa lebih mantap dan mengenyangkan. Sambil menikmati hawa sejuk, keindahan alam, dengan harga mulai Rp20.000,- per porsi kalian dapat mencicipi Sate Kelinci yang empuk, gurih, dan bikin nagih!


7.     Pecel Mbok Kami
Salah satu kuliner Ambarawa, yang terkenal murah dan nikmat yaitu Pecel Mbok Kami. Nasi pecel yang disajikan dengan pincuk daun pisang ini memiliki cita rasa yang dapat menggugah selera. Warung pecel Mbok Kami terletak di sebuah jalan kecil menuju tempat wisata Gua Maria Kerep, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Yang membedakan dari pecel-pecel pada umumnya adalah sambal kacangnya yang khas dan nikmat. Pecel Mbok Kami ini meskipun sederhana dan murah yaitu hanya Rp5000,- namun banyak sekali peminatnya. Kalian tertarik? Jangan lupa mampir saat berkunjung ke Ambarawa.


8.     Gudeg Merakmati
Ternyata kuliner Gudeg tidak hanya berasal dari Yogyakarta, di Kabupaten Semarang ada Gudeg Merakmati yang sangat ramai dikunjungi. Perbedaannya terletak dirasanya yang tidak terlalu manis dan jenisnya kering. Gudeg Merakmati ini lebih spesial lagi karena ditambahkan dengan koyor sapi sehingga menambah cita rasa dan kenikmatannya. Harga Gudeg Merakmati ini mulai dari Rp12.000,- per porsinya. Para pengunjung rela antri panjang demi mencicipi kuliner Gudeg Merakmati yang rasanya maknyus ini.


Nah, itu tadi rekomendasi kuliner Kabupaten Semarang yang beragam, menarik dan wajib untuk dicoba. Jadi, saat kalian berkunjung ke Kabupaten Semarang jangan lupa mampir ya. Semoga postingan ini bermanfaat dan selamat berkuliner^^

(Baca juga: "27 Destinasi Wisata Kabupaten Semarang Ini Wajib Kamu Kunjungi!")

1 comment: