Monday, August 07, 2017

KA. Kalijaga, Poros Joglosemar

   Kalian yang berasal dari Jogja atau Solo pasti bingung kan karena pas mau cari tiket kereta api tujuan ke Semarang kalian nggak menemukan ada kereta dari Jogja tujuan ke Semarang ataupun dari Solo tujuan ke Semarang.
Sedih sekali yah padahal Semarang ngga begitu jauh loh.
   Eits, tunggu dulu.. Ternyata ada nih kereta dari Solo tujuan ke Semarang. Namanya KA. Kalijaga. Tapi nih guys, kita emang ngga bisa pesan tiketnya lewat aplikasi atau online. Tiket kereta api Kalijaga hanya bisa dipesan di stasiun pemberhentian kereta aja. Yaitu di stasiun Solo Balapan, Salem, Gundih, Telawa, Kedungjati, Brumbung, Semarang Tawang, dan Semarang Poncol.
Stasiun-stasiun kecil yang aku juga baru dengar namanya, ternyata dengan kereta ini kita akan melewati Kabupaten Sragen, Grobogan, dan Demak.
   Kereta api Kalijaga ini adalah salah satu kereta api dengan kelas ekonomi yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Stasiun Semarang Poncol dari dan tujuan Stasiun Solo Balapan. Kereta ini beroperasi setiap hari guys, dan siap mengantar kalian ke kota atlas ataupun kota budaya cukup dengan 2 jam 40 menit saja.
   Tapi seiring pesatnya transportasi non kereta api dan juga sepinya peminat, kereta api ini hampir dihentikan operasionalnya huhu, selain itu juga karena keuntungan yang nggak sebanding dengan biaya operasionalnya. Namun setelah PT Kereta Api Indonesia mengajukan public service obligation, kereta api ini pun mengalami reduksi tarif menjadi Rp 10.000,00 per orang sekali jalan (dari yang awalnya Rp25.000). Wow murah banget ya liburan seru ke Semarang cuma Rp10.000 hehe. Selain itu, pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga meminta agar operasional kereta ini terus berjalan, karena diharapkan Kereta Api Kalijaga ini dapat menghubungkan kota-kota besar di Jateng dan DIY, serta menjadi poros Joglosemar kedepannya.

Gerbong KA. Kalijaga

Pemandangan dari dalam kereta

   Nah, jadi buat kalian yang dari Jogja kalian bisa menuju kota Solo terlebih dahulu dengan menggunakan Kereta Api Prameks (Prambanan Ekspress). Jadwal keberangkatan KA. Kalijaga, dari stasiun Solo Balapan pukul 05.20 WIB dan berhenti terakhir di stasiun Poncol  Semarang pukul 08.15 WIB.  Selanjutnya, berangkat dari Stasiun Poncol pukul 09.00 WIB dan tiba di pemberhentian terakhir di stasiun Solo Balapan pukul 11.44 WIB.
   Meskipun harus rela berangkat pagi-pagi ke stasiun it's okaylah ya dibelain ke Semarang naik kereta :D karena selain nyaman, aman dan murah, juga lebih cepat :D Oke cukup sekian dulu, semoga bermanfaat yah guys. See you on another post! ;)

No comments:

Post a Comment