Thursday, July 27, 2017

Percaya Diri Walau Tanpa Skin Care

   Girls!! Di sini semua pasti pada pengen cantik kan? Yang udah cantik, biar tetep dan makin cantik, yang kurang pede biar makin pede sama muka yang cantik hihii.. Seberapa penting sih kita harus menjaga kecantikan? Penting banget emang. Ya..minimal dirawatlah ya muka atau wajah kita.
   Jaman sekarang ini banyak banget di Indonesia beredar berbagai merek skin care untuk perawatan wajah, mulai dari harga 50ribuan sampai jutaan. Tentunya, sebagai cewek kita harus bijak dalam memilih mana skin care yang bagus buat kita dan nggak berbahaya.
Belakangan ini marak beredar cream abal-abal yang katanya hasilnya bisa instan langsung bikin muka putih, mulus, kinclong...tapi ujung-ujungnya muka jadi rusak, kayak udang rebus, jerawatan parah, bahkan parahnya bisa bikin kanker juga wohoo!
   Bahaya skin care dikutip dari AloDokter: umumnya pemutih kulit membuat produksi melanin berkurang, sehingga menyebabkan kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Dalam jangka panjang, penggunaannya dapat menyebabkan penuaan dini  dan kanker kulit. Dengan berkurangnya kadar melanin, dampak sinar ultraviolet terhadap kulit meningkat. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan mempercepat terjadinya keriput serta berpotensi memicu kanker kulit.
Nah bahan berisikonya antara lain ada 
1. kandungan merkuri (air raksa) 
ini nanti bisa berdampak dalam pengelupasan epidermis kulit. Dalam jangka panjang, penggunaannya dapat menyebabkan rusaknya fungsi ginjal, sistem saraf, dan timbul masalah psikologis.
2. hidrokinon
Bahan kimia yang digunakan pada proses cuci cetak foto dan berguna sebagai zat penstabil dalam minyak, cat, pernis, serta bahan bakar kendaraan. Penggunaan hidrokinon di atas 4% dapat menyebabkan ruam pada kulit karena terbakar. Di Indonesia, sejak tahun 2008, melalui Peraturan Kepala Badan POM Republik Indonesia Nomor : HK.00.05.42.1018 tentang Bahan Kosmetik, kandungan hidrokinon di dalam produk pemutih tidak boleh digunakan sama sekali.
Penggunaan hidrokinon dalam kadar tinggi atau yang berkelanjutan dapat memicu hiperpigmentasi, yaitu menggelapnya warna kulit akibat pertambahan kadar melanin. Melasma atau bercak hitam adalah salah satu contoh kondisi hiperpigmentasi. selain itu memicu vitiligo: menghilangnya pigmen kulit secara keseluruhan akibat matinya sel melanosit, penghasil melanin. Ciri utama vitiligo adalah munculnya bercak-bercak putih pada kulit. Dapat juga memicu okronosis eksogen eksogen eksogen eksogen eksogen eksogen eksogen eksogen eksogen: kulit menjadi berwarna biru kehitaman. Umumnya disebabkan karena penumpukan homogentisic acid(penyakit alkaptonuria). Selanjutnya dapat memicu Steroid, kadang disebut juga corticosteroid, adalah bahan yang biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan, contohnya pada kulit yang memerah dan gatal-gatal. Jika dikonsumsi dalam kadar tinggi atau secara berkelanjutan, steroid yang tergolong kuat ini dapat menyebabkan katarak dan pelemahan tulang. Khususnya untuk kulit, efek samping dari pemakaian steroid adalah penipisan pada lapisan kulit. Jika kulit menjadi terlalu tipis, orang tersebut akan lebih mudah tergores atau terluka.  
Dan masih banyaak lagi efek samping dari bahaya skin care cream-cream kecantikan.

   Mesti ati-ati girls! Be a smart! Pilihlah skincare yang bagus dengan berbagai pertimbangan kalau emang kamu berniat mau perawatan. Kalian ada yang pernah punya pengalaman buruk sama skincare? Teman-temanku banyak yang mukanya jadi merah-merah, rusak, jerawatan parah padahal pakai skincare ternama dan mahal perawatannya.. Pengennya jadi cantik, eh malah jadi mengerikan. Yaps! That's why I'm not use the skincare product. 7 dari 10 temen-temen aku pada pada skin care dari cream pagi, cream malem, dsb. Emang Bener sih muka pada mulus, jadi cantik.. Kelihatan bedanya pas udah berhenti make, balik lagi seperti semula muka aslinya. Nah ini nih ketergantungan. Ini yang buat aku jadi males pakai cream-cream hehe facial aja sekali gak pernah, mau punya duit atau ga punya mendingan gausah makeklah. Malah ga kena bahan kimia jadi kulit wajah lebih sehat. Pakai yang alami ngerawat muka rajin-rajin pake masker, selain lebih hemat juga lebih terjamin keamanannya jadi ga berbahaya. Sekarang kan cream-cream seperti yang banyak kita tahu, banyak yang mengandung bahan kimia berbahaya. Ada yang mengandung mercuri, bilangnya non mercurilah aman.. Tapi kan kita juga gatau gimana cream itu dibuat hehe just my opinion ya.. Semua balik lagi ke kalian.
   So pilihlah skin care yang ber-BPOM yang sudah aman dan resmi. Yang paling penting, cantik itu bukan hanya di luar tapi juga di dalam. Kalo dalamnya cantik insyaAllah dengan sendirinya aura kecantikan luar akan terpancar hueheeee...
Salam cantik luar & dalam^^


Pict by: Pinterest


No comments:

Post a Comment