Sunday, February 19, 2017

Perjumpaan dengan internet, menengok secuil masa generasi 90'an.

     Sore ini hujan turun dengan derasnya. Mengingatkanku pada masa-masa remajaku. Kurang lebih sepuluh tahun yang lalu. Saat itu internet masih jarang ditemui terlebih dikota tempat tinggalku. Aku baru aja pindah menuju kota yang lebih sepi...jauh sekali perbedaan dengan kota tempat tinggalku sebelumnya yang ramai. 
     Kebahagiaan awalku saat aku dibelikan sebuah sepeda mini berwarna biru lengkap dengan keranjang dan belnya. Berangkat sekolah pagi jam 6 dan kadang pulang hingga sore, jarak rumah ke sekolah +- 5-6km.
    Internet. Yah, perjumpaanku dengan internet dimulai saat kita dapet tugas sekolah. Waktu itu beberapa dari kita emang punya PC atau komputer, tapi ga banyak malah jarang yang punya koneksi internet dirumahnya. Hanya ada 2 warung internet pada saat itu, dan cukup jauh letaknya.. Namanya Cosmo dan Mega net, sudah lama tutup. 2006-2007. Setiap pergi ke warnet untuk sekedar browsing tugas sekolah, yang kami buka hanyalah mesin pencari seperti google, altavista, yahoo atau  paling mentok buka primbon misteri, dan liputan6.com haha.
Sesekali membuka yahoo messenger padahal ngga ngerti gimana cara dapetin id nya.. 
      Sampek sok-sok'an buka-buka Ym dan MSN hahaa tetep gabisa kebuka.
Setahun berlalu dan dari teman SD ku, aku mulai mengenal friendster.com . kelas 7 aku bikin account friendster, awalnya masih belum ada istilah nama alay. Jadi waktu itu namanya biasa aja, lama kelamaan eh alay juga haha. Yah, orang bilang, alay adalah pembelajaran diri.. Karena semua orang pernah alay wkwk. Hmm... Ngga juga sih, mungkin generasi kita2 aja yang ga sengaja ikut masuk ke dunia peralayan haha.
      2008. Saat itu lagi ngetrend handphone bermerek Nokia dengan fitur kamera Dan mp3. Handphone China, ada tapi masih belum banyak.. Selain kamera dan mp3, ada fitur internet juga loh... Waaa seneng dong tapi sayangnya pada masa itu, masih belum mudah buat kita bisa main internet di HP. Entahlah kenapa pokoknya diantara kita ga ada yang internet an, kecuali...mainan mig33 dan mxit. Yah paling google tapi koneksinya lemotttt banget Lola alias loading lama.
     2007. Aku kenal aplikasi mig33 dari kakak sepupu aku, kebetulan dia tukang ngisi lagu dihpku eh sama dia disuruh download tuh mig33. Yah semacam aplikasi buat cari temen gitu, nanti ada roomnya. Di room itu kita bisa dapetin temen dengan cara ngechat diroom atau PC alias private chat. Nah dimig33 ini kita wajib daftar dari no.HP dan kita harus punya username gitu.  Seru bisa dapet kenalan anak2 smp dari luar daerah hehe. Dari sini, kita sering banget lake bahasa chat seperti: ASL PLZ! Hahaa *lainnya lupa* Sedangkan mxit aku tau dari anak mig33, ternyata mxit lebih rame Dari mig33.. mungkin sedikit lebih gaul. Yah kurang lebih 2 aplikasi ini sama intinya buat chat cari temen, cari temen aja sih bukan jodoh loh, alhamdulillah dulu belum ada aplikasi cari jodoh jadi pas masih smp belom tau deh hahaa-_-
     2008, back to friendster. Makin rame banget ni fs.. Sampe-sampe temen-temen aku pada ikutan buat juga. Unik... selain bisa pasang foto profile, kita bisa upload foto-foto di album, bisa kirim testimonials baik ke halaman sendiri maupun ke halaman teman kita. Dilengkapi dengan ucapan yang ada glitternya lucu banget. Terus kalo ada yang view page kita ntar bisa ketahuan hha, namun teman di friendster terbatas. Lama kelamaan friendster mulai sepi semenjak tahun 2009 semua pindah ke Facebook. Dan sedihnya, Sekarang udah ga ada friendster, webnya udah dibeli sama situs game online jadi jangan berharap bisa melihat kenangan jadul di friendster karena friendster kini hanya tinggal kenangan huhuuu. Gonna miss you, fs.
     2008. My Space, pada saat booming friendster, aku ikut bikin account my space. my space ini sebenernya lebih diperuntukkan kepada artis atau publik figur. Tapi siapa aja boleh daftar intinya kita bisa lebih deket sama artis favorit kita melalui my space ini karena my space dilengkapi dengan jadwal-jadwal artist perform jadi sebagai fans gabakal ketinggalan deh. Bisa comment2 dan upload foto juga sih.. 
      2008-2009 Facebook and still now maybe (?)
Udah mulai rame banget, ga ada yang sampe ketinggalan punya account Facebook... Semua berlomba-lomba banyak-banyakan temen di Facebook, sampek penuh kali yah akhirnya pada bikin account sampe 2, bahkan 3. Sampek-sampek kenal orang dari mana-mana bisa dianggap jadi saudara, pada banyak-banyakan siblings di Facebook.. Ada yang jadi anak, ibu, bapak hahaha nah ini nih yang bisa bikin kita jadi dekeeet banget. Yang awalnya ga kenal bisa punya sahabat dari mana-mana. Dari wall to wall, message, like dan comment status. Dan....... Disinilah masa per-alay-an dimulai. Pada saat itu, entah kenapa seolah kita wajib bikin nama yang keren "waktu itu sih masih belum sadar" kita sebut alay adalah keren haahaha... Pokoknya facebook ini bener-bener aplikasi favorite kita pada saat itu... Sampek jumlah kirim wall banyak banget ribuan mungkin lebih. Dan kita bisa kenal orang mana-mana jadi deket. Meski melalui facebook jadi banyak korban penculikan tapi alhamdulillah sama temen facebook, aku ke Bandung sendirian engga diculik hahaha #skip -_- yah sampe sekarang facebook bisa mendekatkan kita dengan teman-teman lama, does exist still now.
     2009-2010  Facebook berlalu, gak eksis dong kalo gak punya yang namanya Twitter.
Twitter yang berlambangkan burung berwarna biru ini adalah tempat ngebacot apapun itu. Tempat berkeluh kesah, curcol, dan cari teman tentunya. Rame banget pada ikutan yang namanya open follow, pada berlomba-lomba banyak-banyakan followers, lalu bisa dianggap jadi anak 'eksis' dengan followers ribuan dan tweet bejibun haha. Anak twitter open minded banget mereka mengeluarkan pendapatnya kemudian diretweet dan apapun bisa jadi booming atau Trending Topic. Kini, twitter mulai sepi..dan sekarang menjadi jejaring sosial berita.
     2013. Path. Salah satu jejaring sosial dimana kita bisa update dimana aja dan kapan aja. Kita bisa ngeshare moment kita, update status kegundahan haha, sampe ngeplay lagu yang sesuai dengan suasana hati. Path sampe sekarang mungkin masih eksis tapi sebagian orang menilai path isinya adalah pamer. 
     2015 Snapchat. Snapchat ini dulunya rame diluar negeri, tapi di Indonesia baru booming di tahun 2015 dengan lambangnya hantu... Ngga banyak sih temen aku yang punya snapchat, kebanyakan artis. Kita bisa tau keseharian artis, aku uninstall soalnya ga banyak temen aku yang pake.
     2011-now.
Instagram. Instagram lagi rame bangeeet... aku pertama kenal instagram waktu pertama muncul smartphone android masa-masa SMA, waktu itu belom serame sekarang, dulu mah cuman buat edit pake filternya. Upload juga buat apa orang temen-temen yang punya instagram cuma bisa diitung pake jari. 
      Dan sekarang, semenjak 2015-2017 ini duuuh siapa coba yang gak tau dan gak punya instagram, bahkan hampir setiap hari kita buka instagram. Banyak yang berbisnis dari olshop instagram, sampe bermodalkan kamera bagus, menghasilkan foto keren dan siapa aja bisa jadi selebgram. Di instagram ini, kita mengenal istilah #hitz #hastag hahaha Pesat sekali yah perkembangannya...
Instagram sekarang lengkap, selain bisa dijadikan tempat berbagi foto, kita juga bisa share memont melalui instagram stories. Wow bisa kirim message juga...

      Yah itulah sosial media dari jaman beheula sampe sekarang haha. Sebenernya masih banyak yang gak kesebut... Banyak banget, sampe pada tutup kali yah jejaring sosialnya... Itu yang aju sebutin hanya beberapa saja hihi... Masih ada YouTube yang sekarang makin booming, blog, tumblr yang masih digunakan kaya aku nih misalnya... ada foursquare, Pinterest , Skype, vimeo, LinkedIn dan masiiiiih banyaaaak lagiii :)
     Aku bener-bener tumbuh remaja hingga dewasa seiring dengan pertumbuhan internet yang begitu pesat. Sekarang, kita tak bisa hidup tanpa internet, internet sudah menjangkau diseluruh negeri... sosial media kini sehari-hari menjadi item penting dikehidupan, internet bener-bener memudahkan kita disegala kondisi dan disisi lain banyak hal negatifnya. Kita harus pandai-pandai dong dalam menggunakannya.

     Generasi 90'an pasti lagi kebawa nostalgia nih haha udahlah jangan baper,
Kita ngga bisa melihat bagaimana masa depan nanti, tapi kita bisa dong belajar dari masa lalu :D
    Thanks yah guys udah mau baca.
Have a nice day! Wish you happy ;)



Pict by: Maxmanroe.com

No comments:

Post a Comment