Sunday, January 22, 2017

Pantai Gesing, Melirik Kehidupan Nelayan

   Pantai Gesing adalah salah satu pantai indah di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini terbilang masih perawan karena masih belum banyak pengunjung yang berdatangan kesini. Pantai Gesing terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.
   Untuk menuju Pantai Gesing, tidaklah sulit hanya butuh sekitar 35-40 km dari Ringroad Selatan, butuh waktu 45-50 menit apabila menggunakan sepeda motor. Rutenya yakni Jl. Imogiri Timur-Kebon Agung-Selopamioro-Panggang.
   Pantai ini berdekatan dengan Pantai Kesirat dan Wohkudu. Beberapa tahun yg lalu pada saat kegiatan P2M (Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat) salah satu program kerja acara kampus, saya dan teman-teman pernah 3 hari tinggal di desa nelayan ini. Tanpa listrik, tanpa air, tanpa sinyal tentunya. Pengalaman yg luar biasa. Kami benar-benar merasakan bagaimana suasana tinggal di desa nelayan yang pada saat itu, sangat memprihatinkan. Jalannya juga masih belum layak dilewati.

   Namun pada awal tahun ini saya menengok kesana, banyak perbedaan yang saya lihat. Kini pantainya bagus, bersih, dan banyak spot-spot foto menarik disini. Meskipun masih tergolong sepi, tapi worth it buat dikunjungi. Beberapa orang terlihat sedang memancing di tepi laut sekitaran pantai. Jika kita datang sekitar pukul 10-12 siang, kita akan melihat nelayan yang pulang melaut dan melihat bagaimana keseharian para nelayan.
   Kalian juga bisa menikmati ikan bakar mas Jammuz yg terkenal di pantai ini dilengkapi dengan gazebo-gazebo unik. Selain itu fasilitas juga memadai, ada tempat pelelangan ikan, warung makan, masjid, dan toilet.
   Kini, jalan menuju kesini sudah diaspal halus dan disebelahnya baru saja diresmikan sebuah pantai baru bernama pantai "Barun". Jangan lupa naik ke puncak, karena mata akan dimanjakan dengan pemandangan tebing-tebing yang menjorok ke laut sampai terdengar suara keras dentuman ombak yg menabrak karang, dan jika beruntung kalian akan menemukan jembatan cinta berwarna merah muda.
Jadi, kapan kalian ke Pantai Gesing? 😊😄  


No comments:

Post a Comment