Thursday, December 29, 2016

5 Tahun Pasca Operasi Sinusitis

   Tak terasa udah 5 tahun pasca operasi sinusitis, operasi yang cukup menyeramkan. Beberapa tahun terakhir banyak yang tanya-tanya gimana sih sakit sinusitis itu? gimana sih operasinya? Kali ini aku ngga banyak bahas tentang gimana operasi sinusitis karna udah pernah kuceritain ya di postingan tahun 2011 lalu. (Baca juga: Pengalaman Operasi Sinusitis)
   Sebenarnya ini adalah cerita aku ke salah satu pembaca blogku, namanya Mb Sandra... tapi setelah kupikir, lebih baik ku share juga disini jadi buat kalian yang penasaran gimana sih nanti setelah operasi ini dia cerita singkat dari aku...
   Dulu aku operasi th september 2011 sudah 5th yang lalu yaa :') waktu itu memang karena pilek satu bulan full ingus ngga berhenti dan sudah mampet, bolak balik, disedot di poli tht jd dokter menyarankan untuk dioperasi. Operasinya dibius total jadi ndak berasa sakit, pas bangun dari bius baru sadar muka sudah seperti orang habis kecelakaan :) hidung dua-duanya diperban, dan pipi membengkak.. Kebetulan dokternya ngambil cairan berbentuk mirip gelembung balon yg ada di belakang pipi dan diambilnya dari dalam mulut ke belakang pipi jadi ngga nimbulin bekas, karna dijahitnya di dalam. Kalau makan pakai mulut di pipi sebelah satunya sambil nunggu kering 1-2 bulanan (lupa hehe) setelah itu ya memang karena napas pake mulut terus jd ya kemana-mana pakai masker. Aku kalo naik mtor ndak bisa sekalipun ndak pake masker sampe sekarang  dan pasti napas pake mulut jadi kebiasaan... Kalo naik motor pake masker, napas pake hidung malah jd ga tega sama hidungnya... Tahun kedua, ketiga, dan keempat .

   Kebetulan temen-temen aku beberapa bnyk yg sinusitis jugaa, sudah head ct scan tp pd takut operasi... Aku sih daripada nanti udah fatal ya pilih operasi demi ksembuhan entah smbuh total atau ndak yg penting ati2 jd lebih sayang sama hidung hehe...

   Tadinya kukira kena sinusitis karna sering keluar malam ndak pake masker, trus karena udara malam jahat jd kena..  ternyata adik aku yg ndak pernah keluar malam atau kena angin pun jg kena, kbetulan kalo adik aku belum terlalu parah, cuma pilek2 aja ndak pake pusing dsb malah dioperasi kmarin dan alhamdulillah udh ndak pilek2 lg.

   ya Alhamdulillah sudah ndak pilek2 lagi... paling kalau hujan dan kena udara dingin pilek, kalau pilek trus nunduk misal lg sujud, kerasa bgt pusingnya... ndak pernah pilek2 kcuali krna udara dingin..jd alergi udara dingin.. Biasanya langsung di terapi uap (masak air sampe mendidih trus asapnya/uapnya kita hirup hirup hirup terus sampe merasa enakan). Terus kalo pilek obatnya biasanya 'Rhinos sr' atau bisa juga pakai corpacetin (kalau aku) karna mengandung dekongenstan yg bisa meredakan pilek2 utk sinusitis dan smacamnya di apotek pasti ada.

   Nah minggu kemarin mungkin karna hujan tiap hari sinusitis aku kambuh lg... Pusing skali kepala sakit trus dalam 2 minggu ingusnya ga brenti keluar di hidung sbelah kanan (yg dulunya dioperasi) tapi aku langsung terapi uap dirumah dan minum obat rhinos sr dan skrg Alhamdulillah sembuh.

   Jd intinya karena hidung sangat rentan apalagi udara dingin, ya mungkin wajar sinusitis kambuh disaat musim hujan... Yg penting diangetin aja hidungnya sama minum rhinos sr insyaAllah udh berhenti pileknya. Kalo ndak pilek ya brati udh smbuh. Bakalan kambuhan kalau kena angin/udara dingin :)

Tetep semangat teman-teman pejuang sinusitis!


Terimakasih telah membaca^^

No comments:

Post a Comment