Saturday, May 03, 2014

Pentingnya Integritas

Not action, talk only ?
Halooo...guys mau share nih tentang apa itu integritas, pentingnya integritas. terutama bagi seorang pemimpin. Sekedar share tentang ilmu yang sekiranya bisa dibagi ke kalian saat aku mengikuti sekolah kepemimpinan ILCS (Indonesian Leadership Cadre School) kemarin Sabtu 3 Mei 2014 di LPPM UNY. Oke langsung aja yah guys! 
Integritas. Integritas ini sangat penting dan harus dimiliki oleh pemimpin.
Kita kan anak muda yang nantinya akan menjadi pemimping bangsa. kalo bukan kita siapa lagi. Em... jadi integritas ini berasal dari ketulusan hati meliputi kejujuran terhadap diri sendiri dan orang lain. Integritas maksudnya, apa yang dipikirkan, apa yang diucapkan dan apa yang dilakukan adalah sama. Misalnya: Aku bilang A ya aku harus lakuin A bukan B/C/D/ lainnya ._. 
Integritas bukan diajarkan tetapi ditularkan. Tidak egois, individualis, apalagi cengeng. 
Sering kali kita mendengar kata,"Berkata jauh lebih mudah daripada melakukan" Nah! ini... kita harus bisa memandang suatu hal dengan integritas. Jangan hanya bisa berkomentar saja tetapi kita sendiri malah tidak bisa melakukan hal yang lebih baik.



Pemimpin yang integritas adalah yang dengan waktu sempit namun bisa segera menghadirkan suatu perubahan.
INTEGRITAS (INspiring,TEamwork,GReat,Influence,Trus,Affective,Smart).
Ya.integritas meliputi 6 hal itu.
1. Inspiring (Inspirasi)
    Maksudnya pemimpin yang menginspirasi adalah yang tidak mengharapkan apapun tetapi mempunyai kebiasaan untuk memberikan apapun. Tidak mengharapkan pujian, ataupun penghargaan. Ini adalah solusi seorang pemimpin. Pemimpin yang menginspirasi.
2. Team Work (Kerja Team)
    Pemimpin tidak bisa melakukan semua planning tanpa bantuan dari para bawahannya. Pemimpin menganggap semua adalah penting. Anak buah/bawahan penting sehingga harus bekerja sama.
3. Great
    Pemimpin yang berjiwa besar teguh pendiriannya tetapi tidak keras kepala. Tidak merasa paling benar. Pemimpin yang tegas tetapi tidak keras kepala. Dapat menghargai kehadiran orang lain.
4. Influence
    "Mengajak orang lain untuk bergerak, bukan meratapi keadaan". Cukup simple. Maaf-Minta tolong-Terima Kasih. Ada 3 komponen yang mempengaruhi 55% visual, 38% vokal, 7% verbal.
5. Trust
    "It take a years to develop and can be destroyed in a second". Ya... Butuh sekian tahun untuk membangun kepercayaan namun bisa hancur dalam 1 detik saja.
6. Affective (Penyayang)
    Yang sering hilang dalam suatu organisasi adalah kehangatan dalam organisasi.
7. Smart
    "It is not how hard you work but how much you get down". Kepandaian untuk berpikir keras mencari solusi. Kepandaian berkomunikasi 71% , Kepribadian 30%, Pendidikan Formal 29%.

Nah, itu tadi 7 hal penting yang ada dalam integritas. Integritas sangat penting bagi seorang pemimpin. Terimakasih sudah baca, maaf bila ada salah-salah kata ;)


No comments:

Post a Comment