Saturday, February 08, 2014

Berbisnis itu asyik......

Jadi mahasiswa kreatif, cari uang sendiri........kenapa enggak ? ;)
Haloooo lama ngga nge-blog nih sibuk banget (sok) sibuk aja kan hhee
kali ini mau share tentang pengalaman suka duka aku jadi mahasiswa yang memanfaatkan untuk mencari uang dengan keringat sendiri disela-sela kesibukan kuliah :D
Simak yuk guys.
Sekedar sharing...suka duka bisnis olshop!
      Awalnya aku mulai Jualan olshop itu setahun yg lalu tepatnya Januari 2013. Pertamanya sih cuman iseng aja mau nyoba-nyoba eh jadi keterusan... dari laba yang aku ambil dikit banget, sampai sekarang ya...dibilang lumayanlah. Alhamdulillah sampai sekarang masih berbisnis olshop :) Bisnis aku tuh awalnya jualan baju-baju cewek. Aku kasih nama De`Clarysa yg artinya cantik, menawan hati... Waktu itu sempet dapet respon baik dari temen-temen kampus... Ada yang bilang salut sama aku, anak2 jurusan lain juga nanya-nanya gimana sih caranya ko bisa jualan kaya gitu... terus entah karena apa aku jadi vakum jualan slama kurang lebih 3-4bulan. Yaaa lagi-lagi karna kesibukan dan tugas-tugas kuliah :) Biar gimanapun kan kuliah tetep nomer.1 brooo siss~ hehe

@DeClarysa on twitter


      Setelah itu, menjelang SP (Semester Pendek) 2013, tepatnya Juli sebelum lebaran aku punya ide buat bisnis jualan coklat.. aku sih ngajakin temen aku Dian namanya. Kita kasih nama coklat kita @KYAcoklatlove karena yang kita ambil adalah coklat berbentuk love.... Selain itu KYA singkatan dari KykyDian gatau ko jadi Kya pkoknya dinyambungin hahaa...  Dengan ke-kreatifan kita, aku sama Dian beli toples sendiri trus coklatnya dikemas sendiri, dikasih pita, dikasih label sendiri... baru deh diperjualbelikan...dipromo-in lewat media sosial juga tentunya. hehe Alhamdulillah banget banyak yang beli, banyak yang suka coklat kita :D dalem seminggu coklat kita laku lebih dari 10 toples (lumayan banget) Padahal waktu itu lg bulan puasa. Dan senengnya, waktu itu salah 1 dosen aku bilang kalo dia mau pesen banyak buat dosen se Jurusan TP. Wah..makasih sekali Ibu Dosen dan Pak Dosen ternyata  suka sama coklat kita...


coklat KYA banyak loh peminatnya ;)


      Setelah bisnis coklat berhenti karna harga coklat makin lama makin melambung tinggi, lalu aku mutusin buat ganti.... Aku jualan sprei.. sprei yg aku jual aku patok harga miring banget... bagus juga barangnya, ada banyak motif, dari motif kartun sampe motif bola, ada juga bunga.... ternyata banyak temen2 yg beli.... bahkan dari luar Pulau (Sulawesi) ada yang ngeborong sprei aku, beli bnayak trus dikirim kesana deh... Wah... Alhamdulillah banget...

sprei dagangan aku

     Setelah bosen jualan sprei dan aku pikir ada yang lebih menguntungkan akhirnya aku ganti lagi jadi jualan jam tangan.... yang biasanya aku jadi re-seller, aku ambil aja dari suppliernya jadi ya harganya agak murah deh... tapi aku jualnya juga dengan harga yg miring.... alhamdulillah banyak yang beli bahkan guru aku waktu SMA (namanya Bu Sita) tiap Minggu pasti ngeborong 3-4 jam haha slain itu juga jualan baju cewek.... jualan docmart shoes lucu dan dreamcatcher (penangkap mimpi baik ala suku Indian)..
Kalo ditanya sama temen-temen,"Ki.. kamu jualan apa sih?" Aku jawab aja "Jualan apa aja yang halal yg bisa dijual" hehehehe
Slain itu aku juga jual barang-barang, baju2 bekas yg masih layak pakai :) aku jual dengan harga murah 10rb-40rb tergantung bajunya/barangnya.. yah daripada menu2hin lemari hehe lagian secondstuff skarang banyak juga peminatnya...Lumayan... bisa nambah-nambah uang saku, bisa bantu ortu juga ringanin beban ortu, bisa beli barang yg dipengenin ;) alhamdulillah kmarin bisa bliin hp buat adek dll...
Tapi.... bisnis begini juga ga cuman seneng... ada sedihnya (ga enaknya)
pernah waktu itu ada pembeli penipu alias dia ga serious buyer... gamau transfer, ada juga yang cuman nanya-nanya sampe bikin sibuk eh ujung-ujungnya gak beli.... yah namanya juga buat pengalaman. Kalo ga kaya gitu kan ga tau... dari pengalaman aku belajar deh biar lebih ati-ati. Lebih waspada lagi pokoknya.. yang penting tetep ramah sama pembeli :D o:)
Walaupun masih kecil..seumur jagung.. masih belum bisa dibilang sukses, namanya aku juga masih belajar :) smoga kedepannya lebih baik.
Sabar dan tekun sih kuncinya.... kalo pas lagi rame orderan mah rame banget.. kalo pas lagi sepi ya sabar aja namanya juga hidup kan roda berputar kadang diatas kadang dibawah.. kadang rame kadang sepi pembeli..
Tapi aku nikmatin aja.. toh nyatanya semuanya terlihat menyenangkan walau ada kendala-kendala yg bikin bete, kesel, sedih, kecewa tapi...........itulah hidup :)

dreamcatcher dagangan aku...



docmart shoes dagangan aku.. 


@Declaarysa on instagram
jual macem2 ada jam dll hehe dijamin murah berkualitas #promo


      Nah, buat kamu semua yuk manfaatin gadget/kreatifitas kamu, pasti kamu bisa kok... Semangat! Inget prinsip kewirausahaan jangan takut ngga laku.. jangan ngrasa "ah udah banyak yg jual ini....ituu.." stop. gausah dipikirin namanya aja persaingan. Jadikan persaingan buat kita jadi bisa nunjukin kalo punya kita lebih murah, bagus, dan berkualitas. 
Harapan aku smoga suatu hari nanti aku bukan cuman bisnis olshop yang manfaatin blackberry aku juga sosial media..tapi aku punya shop sendiri sbagai owner dan jadi toko favorit smua orang aminnnnnn....
thank you smua udah baca.


No comments:

Post a Comment