Wednesday, June 05, 2013

Makassar, Kota Daeng

Awalnya hanya iseng-iseng ikutan. Eh ujung-ujungnya jadi beneran :D Makassar I`m coming~~ Sulawesi oh Sulawesi. Jangankan membayangkan bakal pergi kesana, terlintas dipikiran aja ga pernah hahaha. Pagi itu, Selasa 7 Mei 2013 kita ber-6 : Aku, Mas Mirza, Mas Galih, Mas Arjun, Mbak Wuri dan Mbak Ochie perwakilan dari TP UNY pagi-pagi skitar jam 6 on the way terminal Giwangan.  Jam setengah 7 tet smuanya kumpul dan langsung menuju ke bus Mira ekonomi AC :D sengaja ga naik Sumber Kencono karena, you knowlah... itu bus terkenal banget seremnya dan terkenal sering nabrak -_- makanya kita milih Mira yang lebih kalem. Jadi kita naik bus dari Jogja menuju keSurabaya.

DiSepanjang perjalanan 8 jam di bus yang ada cuman mual gak enak rasanya. Yah bgini kalo naik ekonomi gak biasa jadi yah badan gak enak. Gak cuman aku, mbak wuri juga mual ampe muntah -_- Yaaa namanya juga hemat hehehe jadi naiknya bus Ekonomi aja. Dan sampailah di terminal Bungurasih Surabaya. Sampai disana kita istirahat dulu sekaligus sholat. Hingga beberapa menit dan tepat pukul 17.00 kita menuju Bandara Udara Juanda. Kita naik bus Damri biar lebih irit hehe.. kalo naik taksi bisa lebih mahal soalnya. Karena pesawat dijadwal berangkat jam 22.30 dan jam 20.00 kita baru bisa check-in, kita nyari tempat istirahat dulu sambil sholat dan makan malam. Stelah jam 20.00 kita check-in dan menunggu sampai pukul 22.30 dan ternyata.... pesawat Merpati yang akan kita tumpangi masih delay. Sabar menunggu dan jam tepat menunjukkan pukul 23.20 kita pun bisa masuk ke Pesawat. Sepanjang perjalanan di udara, merasakan terbang dimalam hari melihat pemandangan seperti lautan emas dibawah luar biasa indahnya... sampai-sampai tertidur. Dan tiba-tiba terbangun telingaku terasa sakit banget. Rasa-rasanya kayak meledak kedua telingaku. Ternyata karena aku punya penyakit Sinusitis harusnya ketika pesawat akan landing aku menutup hidung. Bnar-bnar sakit tapi untung sakitnya lama klamaan ilang. Seneng banget!!! Pas tau udah sampai di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan..

Rabu, 8 Mei 2013 pukul 02.30 WITA menginjakkan kaki di Pulau Sulawesi wahaaaaa!!! Subhanallah banget. Sampai disana kita dijemput oleh teman2 dari UNM, dan dibawa ke kos mbak Indah untuk beristirahat hingga siang. Karena check-in dihotel yang harusnya kita nginep itu siang. Jadi kita beristirahat di kos mbak Indah dulu. Mbak Indah itu salah satu anak UNM (Universitas Negeri Makassar) Oh iya jadi tujuan utama ke Makassar itu adalah untuk menghadiri RAKORNAS (Rapat Koordinasi Nasional) IMATEPSI (Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Seluruh Indonesia).
Setelah beristirahat dan siangnya kita dijemput, kemudian diantar menuju Hotel Lamacca di Jl. AP Pettarani, Makassar. Jadi, semua peserta rakornas diinapkan di hotel ini guys J . kita ber-6 pun checkin dan akhirnya masuk kamar hotel. Kemudian bisa istirahat sejenak. Paginya, Kamis 9 Mei 2013 aku dan semua teman-teman peserta rakornas menghadiri acara Seminar Kurikulum 2013 Peluang dan Tantangan. Pembicaranya adalah tim perancang kurikulum 2013. Sebenarnya wakil Menteri Pendidikan juga diundang sebagai pembicara namun Beliau berhalangan hadir entah karena sebab apa.  Acara dibuka dengan persembahan tarian adat khas Sulawesi yang sungguh memukau. Dihadiri oleh ratusan orang dari kalangan mahasiswa dan guru, bahkan dosen. Setelah acara seminar selesai, dilanjutkan dengan acara ramah tamah dari peserta rakornas. Dihadiri juga oleh alumni TEP/TEP (Teknologi Pendidikan) yang sekarang sudah sukses. Berbagi ilmu dengan kami semua. Setelah acara ramah tamah, kita semua beristirahat karena paginya akan ada acara rakornas.
            Jumat, 10 Mei 2013 acara rakornas pun dimulai dari pukul 08.00 WITA. Kami semua mahasiswa Teknologi Pendidikan seluruh Indonesia dari berbagai Universitas menghadiri acara ini. Ada 13 Universitas yaitu: Universitas Negeri Makassar selaku tuan rumah tahun ini, Universitas Muhammadiyah Makassar, STKIP Sidrap, Universitas Veteran Republik Indonesia, Universitas Baturaja, Universitas Kutai Kertanegara,  Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Namun perwakilan dari Unes dan UPI berhalangan hadir. Benar-benar bangga bisa ada diacara rakornas ini, karena sungguh luar biasa acara ini dan ditambah semangat dari teman-teman TP semua yang hebat. Bisa menjadi sebuah semangat buat aku. Karena diantara peserta Rakornas yang angkatan 2012 hanya aku dan Fajar dari UM. Tapi nggapapa ini pengalaman yang luar biasa. Di rapat koordinasi nasional yang dipimpin oleh SekJend mas Galih dari UNY dimulai dengan share tentang kondisi TP di masing-masing Universitas dan juga bercerita bagaimana tentang jurusan Teknologi Pendidikan di daerahnya masing-masing. Setelah itu, ada rapat komisi. Jadi di IMATEPSI ini ada 4 divisi PSDM, DANUS, LITBANG, DAN HUMAS. Disini aku masuk di divisi Humas. Wow cewek sendiri, paling kecil sendiri haha sumpah  yang didivisi humas itu senior-senior pemikirannya sudah hebat banget beda sama aku yang masih ga ada apa-apanya dibanding mereka. Tapi kata kakak-kakak gapapa ini bisa dijadikan sebagai tantangan, jadi aku harus siap hadepin karena ini juga bagus dan insyaAllah bermanfaat buat kedepannya untuk kemajuan IMATEPSI. Jadi disini dibutuhkan sebuah komitmen yang kuat. Semoga tahun depan kiki bisa ikut lagi amin :D . Setelah rapat sampai sore kita kembali istirahat beberapa jam saja karena malamnya akan da acara inagurasi. Malam inagurasi dipersembahkan kepada semua teman-teman IMATEPSI dari TP UNM. Acaranya bagus banget. Ada tarian-tarian 5 etnis. Jadi tarian 5 etnis berasal dari 5 suku yang ada di Pulau Sulawesi. Menakjubkan banget. Selain itu ada pembacaan puisi, paduan suara, akustik dan juga ada stand up comedy. Pokoknya malam itu kami semua terhibur.

Oia, selama di Makassar aku ketemuan sama kak Lia, kakak aku yg dari Sulawesi :) kebetulan dia kuliah di Unhas eh bisa meet up deh {()} Seruuuu :D ga nyangka aja bisa ketemu soalnya biasanya ngobrol cuman di sms/telfon kalo ga twitter ;)

Keesokan harinya Sabtu, 11 Mei 2013  adalah acara Study Wisata. Dari Hotel Lamacca pagi-pagi kita check-out dari hotel menuju ke bus dan tujuan pertama kita adalah Benteng Fort Roterdam :D bagus banget deh didalemnya ada semua tentang Sulawesi pokoknya peninggalan sejarah banget. Setelah keliling-keliling museum lalu kita menuju ke Somba Ompu untuk membeli oleh-oleh. Sayang kan jauh-jauh gak beli oleh-oleh heheee..... Lanjut ke Pantai Losari, aku malah ke Masjidnya yang keren banget. Jadi yang lain bisa foto-foto diPantai, aku sama mbak Ochie misah kita sholat disana sambil terkagum betapa iindahnya bangunan Masjid di pinggir pantai Losari ini ;) Lalu stelah itu kita kembali ke tempat nginep naik pete-pete. Oia kalo di Makassar, angkot/bemo itu namanya Pete-pete hehe lucu yah-,- terus menuju ke tempat nginep, di kosnya mb Indah lagi heheee.... karena udh abis waktu nginep di hotel... malem nya capek dan Istirahat...

Minggu, 12 Mei 2013... Minggu pagi kita dari TP UNY yang belom balik, masih di Makassar, berencana mau liburan ke Pulau Samalona yiaaaay!! Bner2 ngebet pengen ksana karna katanya Pulaunya bagus indah hha kita ber-6 ditambah beberapa teman dari UNM dan TP UM ke Pulau Samalona naik kapal, terus akhirnya tiba di Pulau Samalona, pulau keciil di dkat selat makassar. Airnya benar2 indah... dari aku liat warnanya biru, kebiruan, hijau, pink, aaaaa pokoknya seger banget diliatnya.... Pasirnya putih dan bner2 kayak Pulau Mimpi alias dreamland heheee ;) . Yang lain pada renang, aku ga bawa baju ganti jadi cuman ciprat-ciprat air aja #lagianemanggabisarenang wkwk. Plis -_- . Stelah puas maen di Samalona eh kita Lihat Sunset disana.. bner2 keren banget deh! Subhanallah betapa Indahnyaaaa gak nyesel maen ke Pulau ini.  Sampe Magrib trus kita balik dan jalan-jalan ke taman kota dekat benteng, trus jalan ke Somba ompu, dan menikmati pisang epe malam hari di Pantai Losari. Seru? Bangeeeet! Sampe kita istirahat karna keesokan harinya mau balik ke Jogja TT.

Pagi itu, stelah mandi dan selesai packing, kita diajak maen ke kampus FIP UNM... menurut aku, kampusnya berasa kayak kampus Wates. Heheee suasananya juga rada-rada mirip sih.. Terus diajakin masuk ke kelas KTP/TP dan ketemu temen-temen di Kantin. Asyik banget deh.... Oia slama di Makassar selain nyobain Coto Makassar, aku juga nyobain yang namanya Sop Saudara, Saraba (minuman jahe+gula jawa), trus nyobain Pisang Epe, Nyobain Sop Saudara, Sop Konro.. haha Tau juga bhasa makassar kayak “Aga kareba? Baji-baji :D” “Daeng&Andhi” dan masih banyak lagi :’) aaaaa semuanya bikin kangen. Tahun ini bisa ksana, belum tentu besok2nya bisa. Alhamdulillah atas kesempatan ini bisa berkunjung ke Pulau Sulawesi. Smoga tahun depan ada ksempatan lagi amin insyaAllah.... Senin 13 Mei pesawat kita jam 16.50 siap-siap... bner2 luar biasa pengalaman di Makassar. Ga akan terlupa. Dan pastinya, ada banyak hal yang belum sempat diceritain disini..... Masih ada dalam ingatan aaaa... kangen mau ksana lagi... Pokoknya smoga dari rakornas ini jg ga sampe disini, tetep berjalan, lanjut demi kemajuan Teknologi Pendidikan. Amin..... Terima Kasih Makassar :)