Monday, September 12, 2011

Pengalaman Operasi Sinusitis

   Sabtu Pagi 3 September 2011 tepatnya setelah lebaran aku masuk rumah sakit dan harus operasi sinusitis. Opname di RSCH karena paksaan dari keluarga semuanya untuk operasi. Jujur aku ngga mau. Aku ngga mau terus2an sakit sinusitis. Penyakit yg ga menular tapi sangat mengganggu, pilek ga sembuh-sembuhlah, kepala mau pecahlah, dll semuanya aku ga pengen. Aku pengen sembuh, aku pengen sehat kayak dulu-dulu. Sebenernya banyak cara yang bisa dilakukan untuk nyembuhin sinusitis yg udah kronik tanpa operasi. Tapi dokter Indrasari spesialis THT di RSCH bilang satu-satunya jalan terbaik ya harus segera dibedah hidung dan pipi aku karena menurut hasil head ct scan ada cairan seperti nanah sudah memenuhi pipi kanan aku dan sudah mulai mengisi di pipi kiri. Kata dokter, kalau tidak segera diambil akan berbahaya karena bisa menjalar ke mata hingga otak.
Ngeri banget denger itu semua. Ak nggak punya pilihan lain. ''Operasi itu gak sakit kok....kan dibius'',kata sepupu aku. Akhirnya Sabtu sore jam 3 aku masuk ruang operasi.. Sebelumnya minta doa kesemuanya supaya operasinya berjalan lancar. Begitu sampai di ruang operasi, ya Allah ruangannya gelap dan menakutkan di sana banyak lampu-lampu, para ahli bedah, alat-alat yang tajam kayak gunting dll dan bikin aku lemes huaaa aku disuruh berbaring terus disuruh berdoa kata dokternya hidung aku mau di operasi pipi mau dibedah ya Allah ngeri bgt deh... 
   Dan tau-tau aku ga inget apa-apa bangun-bangun udah sampai di depan kamar. Ternyata selama 1,5 jam aku dioperasi aku dibius total.. Aku seneng waktu itu aku nggak ngrasa sakit apa-apa, begitu nyadar tau-tau aja hidung aku udah diperban.. Terus pipi aku kayak ada bekas jaitan gitu. Dalem mulut rasanya pahit banget. Udah gitu nafas pake mulut bikin susah banget mana mata pedih perih kalo liat cahaya lampu.
   Kata dokter, di pipi aku berhasil diambil sebuah gelembung-gelembung kayak balon gitu yg di dalemnya ada cairan berwarna kuning yang telah memenuhi pipi.... Serem bgt yah.. Hari kedua pasca operasi aku demam tinggi, pipi aku bengkak, hidung bengkak, gusi sakit semua, kepala kayak mau pecah.. Wajah aku udah ga berbentuk lagi kayak orang abis kecelakaan parah gitu deh *beneran kayak abis digebukin orang-_-. Nah sampai hari ketiga seblum aku pulang ke rumah, Senin malem perban di hidungku dibuka terus masa tissue yg di dalem idung (semacam kain kasa gitu) ditarik keluar YaAllah sumpah sakitnya setengah mati :((( *bukan lebay tapi emang super duper sakitnya pas diambil ini kain kassanya. Aku ga nyangka bakal sesakit itu. Sampe nangis kejer aku protes ke dokternya. Udah gitu darahnya keluar banyak banget.. Hidung aku ngeluarin banyak darah... Yah... Pokoknya menyedihkan... Hal yang lebih bikin aku sedih, kata dokter masa pemulihan/penyembuhan 3bulan. Hah? Lama banget ga nyangka selama itu. Sementara sekarang mau nafas aja susah, mau minum tersendak gara-gara hidung penuh kasa.. Harapanku, semoga cepet smbuh dari sinusitis dan bisa hidup sehat seperti sedia kala. Allah makasih udah selalu ada untukku :'' 
   Alhamdulillah Senin, 12 September ini mulai sekolah... untung dokternya pinter ngambil penyakitnya lewat dalem telak. Pipi masih bengkak sedikit sih gapapa.. mudah2an cepet pulih dan nggak sakit-sakit lagi heheheh.... AMIN ya Allah...
Ps: Maaf fotonya sedikit bikin ilfil huhu. 







No comments:

Post a Comment